Berkat Hacker, Game GTA 5 Akan Bisa Dimainkan di Android dan Nintendo Switch

006515100_1429161283-gtavreviewheader

Liputan6.com, Jakarta – Baru-baru ini, terdapat bocoran yang mengungkapkan GTA 5 akan bisa dimainkan di Android dan Nintendo Switch berkat bantuan hacker.

Dikutip dari Gizmochina, Kamis (4/4/2024), hacker tersebut membocorkan source code lengkap dari GTA 5 online pada Desember 2023.

Meskipun source code tersebut awalnya dijual dengan harga mencapai USD 50.000, kini kode itu beredar luas secara online.

Berkat kode yang bocor itu, pengembang pihak ketiga dapat menggunakan kode tersebut untuk mem-porting GTA V ke berbagai platform seperti Android, Linux, dan Nintendo Switch.

Kendati demikian, laporan ini memperingatkan bahwa portingan Grand Theft Auto 5 ke Android masih dalam tahap awal.

Game GTA V hanya bisa menampilkan loading screen, dan diperlukan upaya yang signifikan agar game tersebut dapat dijalankan.

Sebagai referensi, source code di video game adalah sekumpulan instruksi pemrograman yang bertindak sebagai cetak biru untuk game tersebut.

Developer biasanya merahasiakan kode ini untuk melindungi kekayaan intelektual dan mencegah penyalinan atau modifikasi tanpa izin.

Bocoran kode tersebut dapat memberikan konsekuensi bagi Rockstar Games, selaku pengembang dan pemilik franchise Grand Theft Auto, yang berpotensi menyebabkan masalah seperti game bajakan, eksploitasi keamanan, dan masalah hukum atas pelanggaran hak cipta.

Dugaan Kebocoran Source Code GTA 5

Kebocoran source code GTA 5 disebut-sebut ada file tentang rincian GTA 6 dan Bully 2 yang terkandung di dalamnya.

Pengembang gim Rockstar mengaku sedang mengalami kesulitan gara-gara pembocor dan peretas yang mempublikasikan GTA 6. Sebab, itu adalah gim terbaru yang rencananya dirilis pada 2025, trailer-nya pun sudah bocor lebih dulu beberapa waktu lalu.

Insiden itu pun membuat pengembang gim kesulitan untuk merahasiakan proyek tersebut. Imbasnya tentu saja potensi pembocoran lain atau duplikasi ide dari pengembang saingan.

Dilansir Dexerto, source code lengkap GTA 5 diduga telah bocor secara online. Tampaknya ini adalah source code dari gim versi 2022.

Artinya, kemungkinan besar kode tersebut terkait dengan peretasan tahun 2022 yang awalnya membocorkan gameplay pertama GTA 6. Detail GTA 6 dan Bully 2 terdapat dalam bocoran GTA 5.

Di sisi lain, Rockstar belum mengomentari kebocoran ini dan isi folder yang beredar, tetapi penggemar telah dihebohkan dengan spekulasi sehubungan dengan akhirnya mendapatkan berita tentang franchise yang sangat digemarinya.

GTA 6 Mundur, Rockstar Games Ganti Jadwal Rilis ke Akhir 2025 atau 2026

Sementara itu, peluncuran dari Grand Theft Auto 6 bakal diundur hingga akhir tahun 2025 atau tahun 2026.

Kabar ini diungkap oleh Kotaku. Mengutip laporan Kotaku, Selasa (26/3/2024), alasan tanggal rilis GTA 6 mundur “karena produksi dilaporkan tertinggal.”

Pihak Rockstar kabarnya merasa “gugup” dengan tanggal rilis GTA VI pada 2025, sehingga mewajibkan staf untuk kembali bekerja di kantor lima hari seminggu untuk menyelesaikan game tersebut.

Selain itu, tujuan Rockstar Games meminta staf untuk kembali WFO (Work from Office) lagi untuk meningkatkan produktivitas dan mengurai kebocoran informasi.

Salah satu staf Rockstar mengatakan, masalah keamanan adalah hal penting dan menjadi sorotan perusahaan kenapa meminta karyawan kembali WFO untuk menyelesaikan GTA VI.

“Kami perlu melakukan sebanyak yang kami bisa untuk mempersulit hacker masuk ke sistem,” kata salah satu staf. Staf lain berpendapat, WFO atau WFH seharusnya tidak mempengaruhi dalam produktivitas.

Peta GTA 6 Berukuran 2 Kali Lebih Besar dari GTA 5

Berdasarkan beberapa bocoran dan rumor beredar di internet, seri baru GTA akan mengambil tempat di sebuah kota fiksi mirip dengan Florida, bernama Leonida.

Walau Rockstar Games belum mengungkap secara resmi seperti apa bentuk GTA 6 maps, gamer dapat melihat seperti apa wujudnya berkat pengguna Discord AvatarSD.

Lewat akun @Lukedytchh di media sosial X–dulu bernama Twitter, ukuran peta GTA 6 2x lebih besar dari peta Los Santos di game GTA 5.

“Ada 3 kota besar dan 4 kota kecil, dan akan ada danau besar di tengah kota Leonida,” katanya.

Bila memang ukuran peta ini benar, ketiga kota besar di GTA 6 ini akan diadopsi berdasarkan Miami, Atlanta, dan Orlando. Sementara Fort Myers, Tampa, Daytona Beach, atau Port St. Lucie sebagai empat kota kecil.

Perlu diingat, ini masih sebatas bocoran dan rumor di internet. Kita akan mengetahui lebih lanjut tentang game baru Rockstar Games ini jelang peluncuran 2025 mendatang.